ARSEKAMPUNGKU : ****pelebaran jalan di titik jembatan aek arse ke tpu arse jae dolok dalam tahap akhir****musim penghujan masih berlangsung****halaman kantor camat dijadikan tempat nongkrong anak muda**** lubang dijalan depan kantor canat Arse makin menganga****banyak yang hamil sebelum nikah pertanda moral anak muda kecamatan Arse merosot**** di arse jaringan internet sangat lambat****harga kolang-kaling di prediksi tertinggi dalam 10 tahun terakhir **** .

ARSE

BATUHORPAK JAE, BATURHORPAK JULU,BUNGA BONDAR X, JONGGOL JAE,JONGGOL JULU. ARSE JULU. LUMBAN LOBU. PAGARAN PISANG. GUNUNG TUA ARSE. GUNUNG MANAON. NABONGGAL. TANJUNG. NAPOMPAR. ARSE JAE DOLOK .HANOPAN. HUTA PADANG. PAGARAN TULASON. BAHAP. HUTA TONGA. UJUNG PADANG. AEK TOROP. RONCITAN. LOBU SIANTAR. LANCAT JAE. LANCAT JULU. BATU LONGGOM. SIPOGU

Selasa, 11 Juni 2013

PERLUNYA REVITALISASI POKEN ARBA





Biasanya kebutuhan yang tidak dapat kita penuhi sendiri, akan kita minta atau akan kita beli pada orang lain. dan biasanya tempat untuk mendapat kebutuhan tersebut berada di Pasar atau sering kita sebut disini Poken. tetapi jika kita lihat kondisi  pasar kita khususnya Pasar Arse/Poken Arba sangat memprihatikan ini bisa kita lihat sendiri langsung!. dari segi atap beberapa seng atapnya sudah banyak bocor bahkan banyak yang sudah tidak ada!. dari tiangnya juga sudah banyak yang hilang!, belum lagi kondisi lantai yang berlubang-lubang!. hal ini membuat proses jual beli menjadi tidak nyaman dan yang paling mengenaskan adalah aktifitasnya sangat sepi sekali. untuk itu pemerintah khususnya dinas terkait diharapkan segera memperhatikan kondisi tersebut!

I) Defenisi
Revitalisasi pasar adalah perbaikan kembali baik itu fungsi,kwalitas dan kwantitas pusat perekonomian!.

II) Sejarah
Sejarah pernah mencatat Poken Arba dulunya adalah pasar yang aktifitasnya begitu ramai,bergairah semua barang serba ada  dari kebutuhan dapur,rumah,sekolah sampai ke kebutuhan pertanian!
ini terjadi di kurun waktu tahun awal kemerdekaan sampai pertengahan 90 an!.

III)Tujuan
                                                         Kenapa perlu revitalisasi Poken Arba?
Seperti yang kita ketahui pasar adalah wajah dan pemacu perkembangan perekonomian daerah setempat! Jika masyarakat Arse belanja ke daerah lain otomatis uang masyarakat arse akan beralih ke daerah tersebut! Jika masyarakat Arse belanja di arse,perputaran uang juga di Arse! Jika pedagang Arse makin baik ekonominya pasti akan berusaha membuka usaha lain di Arse. Dan tenaga kerja juga akan terserap!.
               
IV) Masalah
        Pasar Arse Poken Aba sekarang kurang bergairah.selain karena sentralisasi oleh pihak kecamatan Sipirok saat sebelum terjadi pemekaran kecamatan arse. ini juga disebabkan oleh beberapa faktor utama.
1. Pedagang
 Pedagang di poken arba sangat sedikit
2. Pembeli
                                                         Pembeli kurang berminat ke Poken Arba
3.Transfortas
Transfortasi yang begitu mudah dijangkau ketempat lain contoh ke pasar Sipirok dan P.sidimpuan
4. Ekonomi masyarakat
Ini memang berpengaruh walaupun kecil! Kenapa kecil? Sejarah sudah mencatat poken arba dulu sangat ramai! Kalau kita bandingkan perekonomian dahulu dengan sekarang perekonomian masyarakat dahulu tidak lebih baik dari pada yang sekarang! Kenapa bisa dikatakan demikian?. Dulu produk masyarakat yang utamanya bertani masih banyak yang tidak bernilai (tidak laku).
5. Fasilitas
Bangunan di Poken Arba sangat memperhatikan! Atap yang berbocoran,lantai berlubang dan kotor.

V) Pemecahan masalah
 Ada banyak cara untuk mengatasi masalah tersebut
a) Pedagang
 Bagaimana pedagang agar datang ke poken arba! Ada berbagai cara
 *perbaiki fasilitas pasar
 * himbauan dari pemerintah setempat
 *adakan semacam pekan raya yang pedagangnya disubsidi selama beberapa kurun waktu (ada tidak adanya pembeli agar pedagang tetap berdagang di poken arba) supaya ada kepastian bagi pembeli jika barang yang dicarinya ada!
*hentikan dulu sementara pengutipan pajak jualan!

b) Pembeli
 Bagaimana pembeli agar senang datang ke poken arba
 *fasilitas yang baik memebuat pembeli nyaman untuk berbelanja contoh lokasi poken arba tidak     becek saat musim hujan!
* poken arba harus menyediakan segala kebutuhan masyarakat
*pemerintah bisa mengadakan kegiatan sosial bertepatan pada hari poken contoh adakan imunisasi dan posyandu anak gratis terpusat disekitar pasar dan pada hari pasar/poken
c)transfortasi
 transfortasi di ARSE sudah baik karena itu mudah sekali untuk menjangkau pasar lain untuk itu disini perlu peran pemerintah melalui DISHUB agar memutus jalur tarayek angkot yang dulunya dari Sipirok ke Roncitan bahkan sampai Sipogu! Dengan ini diharapkan hanya dari Sipirok ke Arse disekitar poken/pasar kemudian bersambung alat kenderaan dari Arse ke Simangambat!
d) ekonomi masyarakat
 Pemerintah harus bersinergi dengan Masyarakat unuk meningkatkan ekonomi! Dengan peningkatan ekonomi, otomatis daya beli masyarakat meningakat dan poken/pasar arse hidup!
e) fasilitas
Pasar yang ditunjang dengan fasilitas yang baik dan maksimal tentu akan membuat proses jual beli akan semakin baik! Dan ini perlu sokongan dana dari pemerintah!

*penulis: fvp
Editor: tim ARSEKAMPUNGKU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARSE KAMPUNGKU

ARSE KAMPUNGKU

Entri Populer

MOTTO

"jangan terlalu banyak bermimpi,sekarang saatnya aksi nyata"